25 May 2011

Tulip

Jika harus menyebutkan satu bunga yang disukai mungkin saya akan memilih tulip. Bunga yang kelihatan sering menguncup ini tiba-tiba menjadi favorit saya belakangan ini. Entah tiba-tiba saya mulai menyukai jenis bunga ini, padahal sejak bertahun tahun yang lalu Lily dan kaktus selalu menjadi bunga terfavorit saya.
true love

Aslinya tulip merupakan bunga liar dari kawasan Asia Tengah. Setelah Turki menguasai daerah inilah mulai bunga Tulip dibudidayakan sejak sekitar tahun 1000, bahkan menjadi bunga utama pada zaman kesultanan Ottoman. Tulip juga memiliki arti religius, hal ini karena nama setempat Tulip, Lale, bila ditulis dengan aksara Arab, menyerupai tulisan Allah. Karenanya sampai sekarang kita temui lukisan Tulip baik yang abstrak maupun tidak dalamm ornamen keagamaan, misalnya di mesjid. (ini seperti dikutip dari wikipedia)




Say it with flowers, itulah ungkapan yang sering kita dengar untuk mengungkapkan sesuatu pada seseorang. Bungalah yang selalu mewakili perasaan kita terhadap seseorang yang kita kasihi dan membuatnya berarti dalam hidup kita. Jika Lily bermakna suci, manis, sederhana, rapuh dan cantik. Tulip pun memiliki arti. Yaitu cinta yang sempurna. Seperti apakah cinta yang sempurna ini. Saya harap saya akan segera menemukannya dan mengerti secara nyata seperti apakah cinta yang sempurna itu.




Tulip berwarna merah merona sering diartikan sebagai true love, cinta sejati, sedangkan tulip berwarna ungu sebagai simbol kemewahan. Tulip berwarna kuning memiliki arti luas, biasanya digunakan untuk menyatakan harapan cinta hingga pernyataan turut bergembira. Sedangkan tulip berwarna putih untuk menyatakan penghargaan atau ucapan maaf. Sayangnya bunga ini tidak bisa tumbuh didaerah tropis seperti Indonesia. Dia lebih nyaman jika ditempatkan didaerah yang agak dingin. Waow… berbeda sekali dengan kaktus ya.




Terlepas dari segi arti, alasan saya menyukai bunga ini karena bagi saya bunga ini anggun. Meskipun sering menguncup tapi keindahan bunganya bisa terlihat dari warnanya. Terkadang warna-warna gelap dari bunga ini dipadukan dengan warna background yang kontras akan semakin membuat bunga ini terlihat lebih  dominan. Karena itulah saya menyukainya.

No comments:

Post a Comment

Leave comment